Translate

Pages

Senin, 07 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> ADAS


ADAS
Foeniculum vulgare Mill.
Nama Lokal
Das pedas (Aceh); adas, adas pedas (Melayu); adeh, manih (Minangkabau); hades (Sunda); adas, adas londo (Jawa); adasa; rempasu (Makassar); adase (Bugis); dengu-dengu (Gorontalo); paapang, paampas (Manado).
Uraian tumbuhan
Adas termasuk tanaman berumur panjang, tumbuh merumpun, satu rumpun biasa terdiri dari 3 – 5 batang. Tanaman ini mudah kita jumpai di dataran rendah hingga ketinggian 1800 meter di atas permukaan air laut. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa sudah tidak begitu asing dengan jenis tanaman yang berasal dari Asia dan Eropa Selatan ini. Tanaman adas dengan tinggi sekitar 50 cm – 2 meter ini biasa dimanfaatkan sebagai bumbu rempah dan obat. Adas juga memnghasilkan minyak adas, manis dan pahit yang kedua jenis minyak ini digunakan sebagai obat-obatan. Batang tanaman ini beruas, beralur, berlubang, berwarna hijau kebiru-biruan, bila dimemarkan akan tercium aroma yang wangi. Daun berbentuk menyerupai jarum, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, berseludung warna putih, seludung berselaput bagian atas berbentuk topi, termasuk daun majemuk menyirip ganda dengan sirip-sirip yang sempit. Bunga tersusun menyerupai payung majemuk dengan 6 – 40 gagang bunga, panjang ibu gagang bunga 5 – 10 cm, panjang gagang bunga 2 – 5 mm, mahkola keluar dari ujung batang dengan warna kuning. Buah lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, berwarna hijau muada ketika muda dan coklat kehijauan atau cokelat agak kekuningan hingga coklat seluruhnya ketika sudah tua. Buah yang telah masak akan mengeluarkan aroma.
Manfaat bagi pengobatan:
Adas mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, diantaranya mual, perut kembung, muntah, nyeri haid, haid tak teratur, asma (sesak nafas), pembengkakan saluran sperma, penimbunan cairan dalam kantung buah zakar, meningkatkan penglihatan, batuk, kurang nafsu makan, sakit perut (mules), kolik, buah pelir turun, rematik, susah tidur. Daun dan biji adas mempunyai khasiat sebagai aprodisiak. Kandungan minyak atsiri dengan kadar atnethol yang tinggi, bersifat menghangatkan, juga minya lemak, sehingga punya khasiat melancarkan oeredaran darah.
Kandungan kimia
Mengandung minyak asiri atau Oleum Foeniculi 1- 6%, anetol 50 – 60%, fenkon 20%, pinen, limonene, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.