Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Daun Kentut


DAUN KENTUT
Paederia scandens (Lour.)Merr.

 Nama Lokal
Daun kentut, sembukan (Sumatra); kahitutan (Sunda); kasembukan (Jawa); kasembhukan, bintaos (Madura); gumi siki (Ternate).
Uraian Tumbuhan
Termasuk tumbuhan berbatang memanjat dengan pangkal berkayu yang panjangnya antara 3 – 5 meter.Tanaman herba tahunan ini banyak tumbuh liar di lapangan terbuka, tumbuh di semak belukar atau di tebing-tebing sungai, kadang sengaja dirambatkan di pekarangan rumah sebagai tanaman obat.Daunnya adalah daun tunggal, letak saling berhadapan, panjangnya 1 – 5 cm, berbentuk budar telur hingga lanset atau lonjong. Bagian pangkal daun berbentuk jantung dengan ujung yang runcing, bagian tepi rata, bagian permukaan atas berambut atau gundul, tulang daun menyirip, panjang 3 – 12,5 cm, lebar 2 – 7 cm, bila diremas akan mengeluarkan bau tidak enak, seperti bau kentut. Daunnya ini sering dimanfaatkan sebagai lalapan atau dapat juga dijadikan sayur.Bunga mejemuk yang tersusun dalam malai, bunga keluar dari ketiak daun atau ujung percabangan.Mahkota bunganya berwarna putih dan bagian dlam tabung berwarna ungu gelap. Buahnya berbentuk bulat, berwarna kuning, mengkilap, panjang 4 – 6 mm. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan cara stek batang atau dapat juga dengan menggunakan biji.
Manfaat bagi pengobatan:
Perut kembung, sakit pada luka, bayi yang mengalami gangguan penyerapan makanan, malnutrisi, sakit kuning, radang usus, disentri, kejang kandung empedu dan saluran percernaan, bronchitis, batuk, rematik, luka akibat terkena benturan, tulang patah, keseleo, sel darah putih berkurang akibat penyinaran (radiasi), kencing tidak lancer, keracunan organik phosphorus pada produk pertanian.
Kandungan Kimia
Batang dan daunnya mengandung asperuloside, deacetylasperuloside, scandoside, paederosid, paederosidic acid dan gama-sitosterol, arbutin, oleanolic, dan minyak atsiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.