Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan khasiatnya >> Kamboja


KAMBOJA
(Plumeria acuminate Ait.)
Nama lokal
Bunga kemboja, kamboja, kolong susu, cempaka kemboja, cempaka kubur, cempaka mulia (Melayu); pandam (Minangkabau); kamoja, samoja (Sunda); kambojo, kamboja, semboja (Jawa); campaka bakul, campaka sabakul, cempaka mulja (Madura); bungo lomilate (Gorontalo); tintis, karasusi, koloyucu, kolo susu (Minahasa); bunga jabun (Bali); bunga matandani (Roti); kalansusun, kupa tayon (Seram); capaka butu (Halmahera Utara).
Uraian tumbuhan
Tumbuhan ini bisa ditemukan di daerah dengan ketinggian antara 1 – 7000 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan bercabang banyak, tinggi 3 – 7 m, bergetah, bataong pokok besar, kayu keras. Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini mempunyai daun tunggal, duduk berkarang bergerombol di ujung tungkai, berbentuk lanset, kaku seperti kulit, ujung runcing, menyempit di pangkal, tepi rata, tulang daun menyirip. Bunga berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga berjumlah lima buah, bisa berbunga sepanjang tahun. Varietas tumbuhan kamboja bermacam-macam, diantaranya kamboja putih dan kamboja merah atau kamboja Jepang.
Manfaat bagi kesehatan:
Bisa mengobati gangguan pencernaan, mencegah pingsan akibat udara yang terlalu panas, radang usus, radang hati, disentri.bisul, sakit gigi berlubang, tumor, kaki pecah-pecah dan bengkak, kapalan, beri-beri, cacingan, sembelit, TBC, radang saluran nafas, jantung berdebar keras.
Kandungan kimia
Kulit batang mengandung plumierid sebagai laksant. Daun dan batang mengandung fulvoplumierin. Getah mengandung damar dan kautcuk.
Cara pemakaian
Untuk pemakaian luar: daun atau kulit batang dihaluskan, kemudian dibubuhkan ke tempat sakit. Sedang untuk gigi berlubang ambil beberapa tetes kamboja yang diteteskan di kapas, kemudian tutupkan di bagian gigi yang berlubang. Kapalan bisa dengan menetetskan getah kamboja setiap hari hingga sembuh. Telpak kaki bengkak dan pecah-pecah, rebus sepotong kulit kamboja dengan air tiga liter hingga mendidih, masih hangat gunakan untuk merendam kaki.Pemakaian luar dengan merebus 10 – 15 gram bunga lalu diminum. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.