Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Alang-alang


ALANG-ALANG
Imperata eylindrica (L.)Beauv.

Nama Lokal
Naleueng lakoe (Aceh); jih (Gayo); ri, rih (Batak); oo (Nias); ilalang, hilalang, alalang (Minangkabau); lioh (Lampung); alang-alang (Jawa); eurih (Sunda); padang, tingan, puang, buhang, belalang, bolalang (Dayak); kebut, lalang (Madura); ambengan, lalang (Bali); kii, rii (Flores); padengo, padanga (Gorontalo); deya (Bugis); muis, wen, erer (Seram); weli, welia (Ambon).
Uraian Tumbuhan
Alang-alang tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 meter di atas permukaan air laut, biasa tumbuh di rawa-rawa, udara terbuka, pada tanah dengan areasi yang baik, di tepi sungai, pada daerah-daerah yang baru saja dibuka, daerah bekas terbakar, bisa juga sebagai gulma di perladangan.Alang-alang tumbuh merayap dengan tinggi 30 – 180 cm. Batang berbentuk rimpang, merayap di bawah tanah, batang tegak membentuk satu perbungaan, terdapat sedikit rambut-rambut pada bukunya.Setiap saat rimpang dipanen dari tumbuhan yang telah matang.Rimpang yang berkwalitas baik berwarna pucat, berasa masin dan sejuk.Alang-alang daunnya berbentuk helaian, berdaun tunggal dengan bagian pangkal yang saling menutup, ujung runcing dan berbentuk pita, tegak, kasar, berambut jarang, berukuran 12 – 80 cm x 35 – 18 cm. Bunga agak menguncup, tersusun sebagai bunga majemuk, panjang 6 – 28 cm, tiap cabang mempunyai 2 bulir, cabang 2,5 – 5 cm, tangkai bunga 1 – 3 mm. Perbanyakan tumbuhan ini dapat berkembangbiak dengan sendirinya.
Manfaat bagi pengobatan:
Alang-alang mempunyai khasiat sebagai peluruh air kencing, demam yang disebabkan karena buang air kecil disertai darah.Akar alang-alang bersifat mendinginkan dan membersihkan darah, selain itu juga berkhasiat menurunkan panas.
Kandungan Kimia
Pada akar mengandung fernenol, arundoin, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, β-sitosterol, skopoletin, skopolin, p-hidroksibenzaladehida, katekol, asam klorogenat, asam isoklorogenat, asam p-kumarat, asam neoklorogenat, asam asetat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat, potassium, sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.