Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Alpokat


ALPOKAT
Persea gratissima Gaertn.

Nama Lokal
Avokat, advokat, apokat (Sumatra); apokat, alpokat (Jawa); apuket, jambu wolanda (Sunda).
Uraian Tumbuhan
Alpokat merupakan tumbuhan yang cocok hidup pada ketinggian 200 – 1000 meter di atas permukaan air laut, namun begitu tanaman ini juga bisa hidup di dataran rendah meski hasilnya tidak begitu bagus.Tanaman alpokat bisa mencapai tinggi antara 3 – 10 meter, mempunyai akar tunggang, batang berkayu, bulat, berwarna coklat kotor, bercabang banyak, pada ranting terdapat rambut-rambut halus. Tanaman alpokat banyak dijadikan tanaman budidaya pada lahan-lahan gembur dan subur serta tidak tergenang oleh air, dapat juga tumbuh liar di hutan-hutan.Buahnya yang enak menyebabkan buah alpokat banyak diminati orang. Buahnya buah buni, berbentuk bola atau bulat telur, kulit buah warna hijau, panjang 5 – 20 cm, daging buah jika sudah masak lunak, berbiji satu, warna hijau kekuningan. Biji bulat, diameter antara 2,5 – 5 cm dengan keeping biji putih kemerahan. Bunga berbunga majemuk, berkelamin dua, tersusun dalam malai yang keluar dekat ujung ranting, warnanya kuning kehijauan. Berdaun tunggal, bertangkai yang panjangnya 1,5 – 5 cm, terletak berdesakan di ujung ranting, bentuknya jorong hingga bundar telur memanjang, tebal menyerupai kulit, runcing di ujung dan pangkalnya, tepi rata kadang-kadang agak menggulung ke atas, bertulang menyirip, panjang 10 – 20 cm, lebar 3 – 10 cm. Daun muda berwarna kemerahan dan berambut rapat dan daun tua berwarna hijau serta gundul.
Manfaat bagi kesehatan
Daun: kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri lambung, pembengkakan saluran nafas, haid tidak teratur.
Biji: sakit gigi dan kencing manis.
Daging buah: mengobati sariawan dan melembabkan kulit kering.
Cara pemakaian:
Daun: ambil beberapa helai daun yang amsih segar, cuci, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, selagi hangat minum. Minum 2 kali sehari, lakukan dalam beberapa hari dengan rutin.
Biji: untuk mengatasi sakit gigi berlubang bisa dengan cara ambil sepotong kecil biji alpokat, masukkan ke dalam gigi yang berlubang, ganti biji tersebut 2 kali sehari.
Daging buah: ambil atau kerok daging buah alpokat, haluskan hingga menyerupai bubur. Cucilah wajah hingga bersih, poles seluruh bagian wajah dengan bubur alpokat.Diamkan hingga mongering kemudian cuci kembali wajah dengan air hingga bersih.
Kandungan kimia
Buah dan daun mengandung saponin, alkaloida, dan flavonoida.Buah juga mengandung tannin dan daun mengandung polifenol, quersetin, gula alkohot persiit.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.