Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Brotowali


BROTOWALI
Tinospora crispa (L.) Miers.hen jin t

Nama Lokal
Brorowali (Jawa); andawali (Sunda); antawali (Bali).
Uraian Tumbuhan
Brotowali termasuk ke dalam tanaman obat, biasa ditanam di pekarangan-pekarang rumah namun tak jarang tanaman ini tumbuh liar di hutan ataupun ladang.Termasuk tanaman perdu, memanjat, tinggi batang mencapai 2,5 meter, menyenangi tempat panas. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat dan mempunyai rasa yang pahit.  Berdaun tunggal, berbentuk menyerupai jantung dengan ujung meruncing, bertangkai, panjang 7 – 12 cm, lebar 5 – 10 cm. bunga berbentuk tandan semu, ukuran kecil-kecil, dan berwarna hijau. Brotowali dapat dikembangbiakkan dengan cara stek.
Manfaat bagi kesehatan:
Dapat mengobati rematik sendi pinggul, meningkatkan nafsu makan, kencing manis, memar, demam, menurunkan kadar gula sehingga tanaman ini sangat baik untuk penderita diabetes, melancarkan air seni.
Kandungan kimia
Damar lunak, pati, alkaloid, glikosida, pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin dan palmatin.Bagian akar mengandung alkaloid berberin dan kolumbin.

2 komentar:

liseum mengatakan...

Yang butuh bibit atau simplisia brotowali bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

Unknown mengatakan...

bagi rekan semua yang membutuhkan brotowali kering (simplisia), brotowali bubuk (powder) serta bahan baku herbal/jamu lainnya seperti daun insulin, jahe, kencur, kulit manggis, daun dewa dan lain-lain bisa hubungi Herbadream di 085702118190. terima kasih

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.