Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Cabai Merah


CABAI MERAH
Capsicum Annuum L.

Nama Lokal
Capli, campli (Aceh); leudeu (Gayo); lacina (Batak Karo); lasiak, lasina (Batak Toba); lada sebua (Nias); kidi-kidi, ekiji-kiji (Enggano); raro sigoiso (Mentawai); lado (Minangkabau); cabi (Lampung); cabe, lasinao (Melayu); cabe, sabrang (Sunda); cabe, lombok (Jawa); cabhi (Madura); tabia (Bali); sebia (Sasak); saha, sabia (Bima); mbaku hau (Sumba); hili (Sawu); rica (Manado); bisa (Sangir); marita (Gorontalo); lada (Makassar); ladang (Bugis); mareta (Mongondow); manca (Seram); siri (Ambon); kastela (Buru); maricang (Halmahera); rica lamo (Ternate, Tidore); maresen (Kalawat); rihapuan (Kapaon); riksak (Sarmi); ungun gunah (Berik).
Uraian Tanaman
Di Indonesia tanaman cabai biasa ditanam dan dibudidayakan di daerah pantai maupun di daerah pegunungan dan salah satu jenis tanaman yang sangat penting terutama dalam bidang kuliner.Meski rasanya pedas, cabai tetap banyak dibutuhkan bahkan mampu menambah nafsu dan selera makan kebanyakan orang. Tanaman yang berasal dari daerah Amerika tropis ini termasuk perdu tegak dengan tinggi antara 1 – 2,5 meter. Termasuk jenis tanaman yang menahun, batang berkayu, berbuku-buku, percabangan lebar, penampang persegi, pada batang yang masih muda terdapat bulu-bulu halus yang berwarna hijau. Daun helaian tunggal, bertangkai, letak tersebar, bentuk bulat telur hingga elips dengan pangkal dan ujung yang meruncing, tepi rata, menyirip, panjang 1,5 – 12 cm, lebar 1 – 5 cm, dan berwarna hijau. Bunganya termasuk ke dalam bunga tunggal yang berbentuk bintang dengan warna putih keluar dari ketiak daun. Buahnya buah buni dengan bentuk keruncut yang memanjang, meruncing pada bagian ujungnya, lurus atau kadang-kadang membengkok, mengagntung, permukaan tampak mengkilap atau licin, berdiameter 1 – 2 cm dan panjang 4 – 17 cm, mempunyai tangkai yang pendek. Buah cabai mempunyai rasa yang khas yaitu rasa pedas.Cabai merah dapat dikembangbiakkan dengan menggunakan biji.
Manfaat bagi kesehatan:
Buah: sariawan, rematik, sakit gigi, influenza, dan mampu meningkatkan nafsu makan.
Getah daun muda: mempermudah persalinan.
Kandungan Kimia:
Kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, mineral (zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.