Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Sedap Malam


SEDAP MALAM
(Polianthes tuberosa Linn.)
Nama Lokal
Sedep malem, sundel malam truna malam (Melayu); sedep malem, sundel malem (Sunda); sundel malem, sedap malam (Jawa); sondhel malem (Madura); rasamalang (Makasar), rasamaleng (Bugis).
Uraian Tumbuhan
Baunya yang harus membuat tanaman asli Meksiko ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, pengharum ruangan, dan biasa digunakan untuk dekorasi ruangan. Tanaman sedap malam termasuk terna tegak, tinggi sekitar 0,5 – 1,4 m, mempunyai umbi di bawah tanah. Bunga hamper duduk, pada umumnya berpasangan dalam ketiak daun pelindung yang berbentuk bulat telur lanset, warnanya putih dengan bau yang sangat harum terutama ketika malam hari. Daun sebagian duduk pada akar, sebagian sepanjang batang yang tegak, duduk, berbentuk lanset, ujung lancip ke arah pangkal melebar. Buah kotak memanjang kadang tumbuh tidak begitu sempurna.
Manfaat bagi kesehatan
Bunga untuk mengobati: pusing, sakit kepala, rabun mata, penglihatan kabur, katarak, susah tidur, penambah darah, meningkatkan stamina, melancarkan ASI, pegal linu.
Akar untuk mengobati: radang tenggorokan, rematik, influenza, bisul.
Cara penggunaan:
Penggunaan luar: bunga dicuci, rebus kemudian air digunakan untuk mencuci mata yang sakit. Jika menggunakan akarnya dengan cara, cuci akar, tumbuk lalu tempelkan bada bagian yang sakit.
-      Mencegah dan mengatasi katarak, radang mata: 50 kuntum bunga direbus dengan 1500 cc air hingga mendidih. Setelah dingin gunakan untuk membasuh mata.
-      Sakit bisul dan bengkak: ambil akar bunga sedap malam, dicuci dan ditumbuk halus kemudian ditempel bapa bagian yang sakit.
Penggunaan dalam: 5 – 50 kuntum bunga atau 15 – 30 gram akar, rebus lalu minum airnya.
Kandungan kimia
Sapogenin. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.