Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Nusa Indah Putih


NUSA INDAH PUTIH
(Mussaenda pubescens Ait.f.)
Uraian Tumbuhan
Tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias, berdaun tunggal, bertangkai dengan daun penumpu, bulat telur dengan ujung dan pangkal daun meruncing, tepi rata, meruncing, letak berhadapan berseling, berambut halus. Berbunga majemuk, muncul di ujung tangkai, karangan Bungan berbentuk payung, bunga kecil berbentuk terompet, warna kuning.
Manfaat bagi kesehatan
Batang, daun bisa digunakan untuk menyembuhkan demam, batuk, influenza, radang saluran nafas (bronchitis), radang amandel, pingsat akibat udara yang terlalu panas, radang tenggorokan, radang usus, diare, disentri, keracunan makanan, bisul, koreng, luka, air kemih keluar sedikit, radang ginjal, pendarahan kandungan pada wanita.
Bagian akar dimanfaatkan untuk pengobatan kanker payudara, cacingan pada anak, mata merah, sait pinggang, masuk angina.
Cara pemakaian
Untuk pemakaian luar: tumbuhan nusa indah dihaluskan lalu diborehkan pada bagian yang sakit. Sedang pemakaian dalam dengan cara: ambil 15 – 30 gram batang kering atau 30 – 60 gram yang segar, direbus atau ditumbuk dan air perasan diminum. Bisa juga dengan menggunakan akar sebanyak 30 – 60 gram direbus atau dikeringkan kemudian digiling menjadi bubuk, seduh lalu minum.
-      Diare akut, disentri: 30 – 60 gram batang dan daun segar nusa indah putih direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu minum.
-      Keracunan makanan: daun segar tumbu, peras kemudian air perasan tersebut diminum. Bisa juga dengan merebus daun tersebut dengan air secukupnya, saring lalu minum.
Kandungan kimia
Daun mengandung β-sitosterol, batang mengandung β-sitosterol, stihmasterol, arjunolic, acid.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.