Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Bawang Putih


BAWANG PUTIH
Allium sativum, Linn.

Nama Lokal
Bawang handak (Lampung); bawang (Jawa); bawang bodas (Sunda); bhabang pote (Madura); kasuna (Bali); lasuna pute (Bugis); bawa bodudo (Ternate).
Uraian Tumbuhan
Bawang putih pada mulanya merupakan jenis tanaman yang cocok di tanam di daerah dataran tinggi, namun di Indonesia tanaman in sekarang telah dibudidayakan di daerah dataran rendah.Bawang putih termasuk dalam tumbuhan terna berumbi lapis atau suing bersusun, termasuk dalam genus afflum, sangat cocok hidup padaketinggian antara 200 – 250 meter di atas permukaan air laut. Tanaman ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak dengan tinggi antara 30 – 75 cm, mempunyai batang semu yang berbentuk dari pelepah-pelepah daun.Daun berupa helaian yang menyerupai pita dengan bentuk pipih dan memanjang.Akarnya berserabut banyak dan setiap umbi bawang putih terdiri dari sejumlah suing (anak bawang) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.
Manfaat bagi pengobatan:
Asma (sesak nafas), hipertensi, batuk, masuk angina, sakit kepala, sakit kuning, ambeien, susah buang air atau sembelit, cacingan, susah tidur, digigit serangga, luka memar.
Kandungan kimia
Setiap 100 gram bawang putih mengandung: 4,5 gram protein, 0,2 gram lemak, 23,10 gram hidrat arang,  0,22 miligram vitamin B1, 5 miligram vitamin C1, 95 kalori, 134 miligram pospor, 42 miligram kalsium, 1 miligram besi, 71 gram air. Umbi bawang putih juga mengandung zat aktif awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.