Translate

Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Tanaman Herbal dan Khasiatnya >> Inggu


INGGU
Ruta angustifolia (L.)Pers.
 Nama Lokal
Arudu (Sumatra); inggu (Sunda); godong minggu (Jawa); anrudu busu (Makasar).
Uraian Tumbuhan
Tumbuhan inggu termasuk terna yang tumbuh tegak sering di tanam pada daerah pegunungan hingga ketinggian mencapai 1000 meter di atas permukaan air laut. Tumbuhan yang berasal dari Eropa Selatan dan Afrika Utara ini bisa mencapai tinggi 1,5 meter.  Batang berkayu, berbentuk silindris, ramping, percabangan banyak, lemah, jika seluruh bagian di remas akan menimbulkan bau yang tak sedap. Berdaun majemuk dengan letak berseling, menyirip ganda, bentuk anak daun lanset atau bulat telur sungsang, bangian pangkal menyempit, bagian ujung tumpul, bagian tepi rata, pertulangan tidak jelas, berwarna hijau muda, panjang 8 – 20 mm, lebar 2 – 6 mm. Bunga keluar dari ujung ranting, termasuk bunga majemuk dalam malai rata, mahkota bunga berbentuk mangkok, warna kuning terang. Buah terbagoi menjadi 4 – 5 kotak, berwarna coklat, kecil, dan berbentuk lonjong.Biji kecil berbentuk menyerupai ginjal dan berwarna hitam.Perbanyakan tumbuhan ini dengan menggunakan stek batang.
Manfaat bagi pengobatan:
Kejang pada anak, epilepsy (ayan), demam, influenza, batuk, radang paru, kolik, menghilangkan nyeri (sepertio nyeri ulu hati, nyeri dada), hernia, hepatitis, haid tidak teratur, bisul, radang kulit bernanah, memar akibat benturan, gigitan ular berbisa atau serangga, cacingan, pelebaran pembuluh darah balik, radang vena, keracunan obat.
Kandungan Kimia
Minyak asiri mengandung metil-nonilketone hingga 90%, ketone, pinena, 1-limonena, cineol, asam rutinat, kokusaginin, edulinine, skimmianine, bergapten, graveoline, graveolinine, asam modic, rutin, rhamno glikosid, quersetin flavenol, xanthotoxin, dan sedikit tannin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Kumpulan Artikel. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.